SUARA INDONESIA PURWOREJO

Pendirian Koperasi Produsen UMKM didukung Oleh Dinas KUKMP Purworejo

- 21 February 2021 | 18:02 - Dibaca 2.44k kali
Ekbis Pendirian Koperasi Produsen UMKM didukung Oleh Dinas KUKMP Purworejo
Ket foto: suasana acara sharing seasion di gedung koni purworejo

PURWOREJO - Pendirian koperasi produsen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digagas oleh para produsen dalam acara Sharing Seasion Pemberdayaan UMKM Yang Mandiri, Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing Di Pasaran Global Dalam Wadah Koperasi di Kantor Koni Purworejo, sangat didukung oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (20/2/2021).

Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Bambang Susilo mengatakan, dengan adanya koperasi tersebut diharapkan akan membantu pemasaran produk UMKM di Kabupaten Purworejo.  

"Saat ini UMKM kalau ingin meningkat usahanya tidak bisa lagi berdiri sendiri, namun harus bergerak bersama melalui wadah koperasi," katanya.

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan, jumlah UMKM di Kabupaten Purworejo cukup banyak dan tersebar di seluruh kecamatan. Selama ini kebanyakan mereka berdiri sendiri tanpa wadah organisiasi yang menopangnya.  

"Saya menyambut baik adanya koperasi yang akan memadahi produsen UMKM ini. Saya akan fasilitasi apa yang dibutuhkan. Sebab kegiatan ini selaras dengan program Pemkab Purworejo," ungkapnya.

Bambang berpesan, dalam pendirian koperasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, koperasi itu milik anggota bukan milik pengurus. Kedua, modal usaha itu dari anggota bukan dari luar. Dan ketiga memilih pengurus yang sudah berpengalaman dan jujur. 

"Tiga hal ini harus diperhatikan benar. Saya akan pantau satu tahun kedepan kalau tidak ada masalah berarti baik. Dan layak untuk mewadahi para produsen UMKM di Kabupaten Purworejo," tegasnya. 

Sementara, Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM, Hariyanto mengatakan, bahwa pemerintah akan memberikan suport  untuk mendorong semakin banyak tumbuh UMKM yang berkualitas.

"Diharapkan akan semakin banyak produk yang akan dihasilkan yang bisa memenuhi kebutuhan untuk pasar dalam negeri dan juga mancanegara sehingga ekonomi kita yang sekarang ini terdampak Covid akan semakin cepat pulih, karena sektor UMKM ini menjadi pendorong dalam membangkitkan perekonominan nasional melalui produk-produk unggulan UMKM di masing-masing daerah," kata Hariyanto 

Selanjutnya, Direktur Bisnis dan Marketing PT Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada menambahkan,

saat ini seiring kuatnya persaingan ekonomi di era global dan digital, maka semakin menjadi tantangan bagi koperasi dan usaha kecil menengah dalam persaingan.

"Saya juga asli Purworejo. Saya juga siap membantu memasarkan produk-produk UMKM di Purworejo," singkatnya. 

Dalam acara tersebut turut dihadiri Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM RI, Direktur Bisnis dan Marketing PT Smesco Indonesia, Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, dan Diaspora Kabupaten Purworejo. (Widarto)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya