SUARA INDONESIA PURWOREJO

Gerak Cepat Pemkab Situbondo Bereskan Dampak Musibah Wisata KK 26

Syamsuri - 25 December 2022 | 17:12 - Dibaca 1.55k kali
Pemerintahan Gerak Cepat Pemkab Situbondo Bereskan Dampak Musibah Wisata KK 26
Lokasi wisata KK 26 di Kabupaten Situbondo yang porak poranda (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Sebagai usaha respon dan gerak cepat dalam menanggapi dampak dari berlangsungnya musibah di daerah Kabupaten Situbondo, Bupati Situbondo Karna Suswandi ditemani Sekretaris Daerah, Kadisparpora, BPBD, Camat Kota langsung turun ke lokasi Wisata Karang Kenek (KK) 26 di Dusun Karang Kenek, Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Minggu (25/12/2022).

Bupati Situbondo, Karna, Suswandi menjelaskan, hari ini dirinya melihat musibah alam wisata KK 26 di Dusun Karang Kenek Desa Olean Kecamatan Situbondo yang keadaannya porak poranda.

"Saya bersama Sekda, Kadis Pariwisata, BPBD dan Camat Kota datang ke sini untuk melhat langsung pada aula KK 26 yang telah ambruk," kata Bupati.

Maka dari itu, dirinya perintahkan Camat Kota untuk selekasnya memberikan laporan peristiwa musibah itu, hingga dapat tindaklanjuti segera untuk dapat memperoleh bantuan dari dana tidak terduga.

"Kita harap, ini dapat membantu Pemerintah Desa sebagai pengurus wisata ini untuk dapat membuat kembali meskipun bantuannya tidak seberapa paling tidak dapat kurangi beban Pemerintah Desa," ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati menerangkan, untuk kerugiannya masih diinventarisir oleh BPBD, Kepala desa dan Camat, kelak akan disampaikan secara tercatat ke Pemerintah Daerah.

"Wisata KK 26 ini gagasannya bisa menjadi tempat temu inklusi tingkat nasional, pasti karena ada musibah ini kita mengharap wisata KK 26 yang telah porak poranda dapat dituntaskan secara baik supaya tidak mengganggu kegiatan temu Inklusi nasional," terangnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD, Janur Sasra Ananda menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Situbondo lewat petugas BPBD sekarang ini sudah langsung turun ke lokasi wisata KK 26 untuk hitung dan menghitung jumlah rugi material akibat dari musibah tersebut kerugian keseluruhannya berapa.

"Kami sebagai anggota DPRD merekomendasikan ke Pemkab Situbondo supaya bisa mengupayakan anggaran, supaya semua sarana dan alat pendukung wisata KK 26 ini dapat kembali ke asal, karena di bulan Mei 2023 mendatang wisata ini rencananya akan ditempati moment temu inklusi tingkat nasional yang hendak dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, karena itu permasalahan ini harus betul-betul diseriusi," pintanya

Selanjutnya, Plt. Kadis BPBD Situbondo, Sentot Sugiono menjelaskan, hujan dengan intensif sedang sampai lebat dibarengi angin kencang yang mengguyuri sebagian besar daerah Kabupaten Situbondo pada Jumat siang sampai malam hari, (23/12/2022).

"Wisata Karang Kenek (KK) 26 hancur amburadul rata dengan tanah dan banjir di sejumlah titik lokasi yang berakibat terendamnya beberapa ratus rumah," ucapnya.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lewat BPBD Situbondo sudah memberi respon dengan segera lakukan pengerahan semua tim penanganan musibah yang berada di Kabupaten Situbondo.

"Atas peristiwa Musibah yang dirasakan oleh Kabupaten Situbondo, kami bersama semua jajaran BPBD mengutamakan yang berada di jalur pantura dan daerah pesisir yang terdampak karena musibah rob hingga kita baru sekarang meninjau di KK 26 di Dusun Karang Kenek Desa Olean Kecamatan Situbondo," bebernya.

Keinginannya, kelak jadi masukan ke Pemerintah Kabupaten Situbondo.Tadi lebih cepat sudah disampaikan ke Sekretaris Daerah sebagai Ketua TAPD dan akan hitung dan membahas dampak dari musibah ini, seperti apakah biaya pendanaan selanjutnya.

"Kita ini mengetahui jika tempo hari telah dilaksanakan launching untuk persiapan temu inklusi tingkat nasional, karena itu bahan yang kami persiapkan dari petugas BPBD yang menyangkut dampak dari rugi musibah yang terjadi ini," terangnya.

Tentu saja dari yang diinventarisir dan ditelaah ini akan dikatakan ke Bupati Situbondo, Karna Suswandi, selanjutnya OPD yang berkaitan akan langsung tindak lanjuti.

"Karena ada anak sekolah Taman Alam Olean yang ditaruh di Wisata KK 26 kita buat skala fokus sesuai kekuatan daerah," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya