SUARA INDONESIA PURWOREJO

Tumbuhkan Membaca di Kalangan Santri, Komunitas Literasi Bilqolam Purworejo Gelar Bazar Buku

Agus Sulistya - 19 March 2022 | 21:03 - Dibaca 1.85k kali
Pendidikan Tumbuhkan Membaca di Kalangan Santri, Komunitas Literasi Bilqolam Purworejo Gelar Bazar Buku
Suasana bazar buku di MTS Al-Iman Bulus Purworejo (foto: agus/suaraindonesia.co.id)

PURWOREJO - Komunitas Literasi Bilqolam Pondok Pesantren Al-Iman Bulus menyelenggarakan Bazar kitab dan buku-buku yang dilaksanakan di halaman gedung MTs Al-Iman 01 Bulus, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Bazar tersebut dimulai pada hari Rabu (16/3/2022) sampai dengan hari Rabu (23/4/2022) sebagai rangkaian acara haflah akhirussanah dan haul ke-36 sekaligus tasyakuran wisuda Tafsir Jalalain dan khataman Al-Qur’anul di Ponpes dan Madrasah Al-Iman Bulus Tahun 1443 H/2022 M.

Ketua Panitia Bazar, Ubaidilah Khobir saat ditemui mengatakan, dengan kegiatan bazar buku tersebut diharapkan para Santri Al-Iman dapat menyukai kegiatan membaca dan timbulnya kesadaran akan pentingnya membaca. 

"Kegiatan ini diharapkan akan mempermudah siswa santri Al-Iman dalam menjangkau buku sebagai bahan bacaan, mengamalkan konsep “Iqra” yang merupakan wahyu yang turun pertama kepada nabi Muhammad SAW," katanya di lokasi Bazar PonPes Al-Iman Bulus, Sabtu (19/03/2022).

Lebih lanjut, Ubaid mengungkapkan, bahwa dengan bazar tersebut supaya para santri menjadikan buku sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

"Sehingga generasi muda Indonesia semakin berkualitas dengan membaca," ungkapnya. 

Ubaid menambahkan, selain buku dan kitab dari beberapa penerbit ternama dalam kesempatan tersebut juga hadir buku-buku karya santri Al-Iman Bulus yang terbaru yakni, buku Kajian Sholat Jam'ah, Muasuah I'rob atau Ensiklopedia I'rob, Majalah Bil Qolam dan yang terakhir adalah buku Berpuisi Di Balik Jeruji Suci. 

"Empat buku terbaru karya Santri Al-Iman Bulus ini akan semakin melengkapi acara bazar ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pondok Pesantren Al-Iman Bulus, Abdul Aziz menyampaikan, bahwa dengan membaca para santri akan tambah mendapat wawasan.

"Dengan diadakanya bazar ini santri-santri bisa mengembangkan pengetahuannya melalui membaca buku," ucapnya.

Aziz sangat mengapresiasi penuh kepada komunitas literasi bilqolam Al-Iman yang telah mengadakan acara bazar tersebut.

"Semoga bazar ini bisa berkelanjutan untuk tahun-tahun selanjutnya dan bisa membangun literasi membaca dikalangan santri," tutup Aziz.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya