SUARA INDONESIA PURWOREJO

Polda Metro Jaya Bangun Ekosistem Kesejahteraan Satwa dengan Bangun Gedung K9

Agus Sulistya - 02 November 2022 | 15:11 - Dibaca 1.62k kali
Peristiwa Polda Metro Jaya Bangun Ekosistem Kesejahteraan Satwa dengan Bangun Gedung K9
Kapolda Metro Jaya Fadil Imron saat resmikan Gedung K9

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya bersama Pejabat Utama Polda Metro Jaya (PMJ), resmikan gedung K9, unit satwa Polda Metro Jaya di Mako K9, Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (01/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh PJ Gubernur DKI Jakarta, Pangdam, Kampus, Komunitas Pencinta Hewan, Animal Defender, Perhimpunan Dokter Hewan, Industri simpatisan sampai UMKM yang terkait dengan kehidupan satwa.

"Saya tidak mau acara ini diartikan sekedar hanya Peresmian, momen ini hari ialah sebuah awalan, awalnya kita berunding, awal kita berbeda, momen ini ialah momen yang inklusif dan terbuka. Saya ingat di bulan Desember 2021 saya tiba ke sini, terenyuh hati saya menyaksikan keadaan yang ada, sedikit berpikir, saya pikir kemanusiaan bukan hanya untuk manusia saja, ini waktunya PMJ memperlihatkan rasa kemanusiaan sesama makhluk hidup, terutamanya satwa," tutur Kapolda Metro Jaya Fadil Imron saat konferensi pers.

Selanjutnya, Fadil menjelaskan, dirinya ingin sarana itu bukan hanya jadi sekadar sarana, K9 harus jadi lab hidup yang tumbuh, jadi sebuah ekosistem yang bermanfaat untuk sekitar lingkungan.

"K9 harus menjadi rumah untuk satwa k9 dan rumah untuk warga umum terutamanya pencinta, pemerhati, bahkan juga perlindungan satwa, berikut yang diartikan dengan pelayanan pada satwa," kata Fadil.

Sementara itu, Prof Deni Noviana, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB sampaikan, dirinya menyongsong baik peresmian ini.

"Kampus siap memberikan dukungan kegiatan K9 lewat program penelitian, pengiriman mahasiswa magang, penguatan kemampuan dokter K9 supaya selalu up-date dengan pengetahuan dan keterampilan baru," tutur Prof Deni Noviana.

Selanjutnya, Doni Herdaru (Animal Defenders) sebagai aktivis satwa yang kerap lakukan aksi penyelamatan satwa di beberapa daerah Nusantara sampaikan,"Sarana K9 ini pantas jadi percontohan, bahkan juga dapat disebut salah satunya yang terbaik di Asia Tenggara."

Sedangkan Aviani Malik, pencinta hewan, sampaikan jika ajakan Polda Metro Jaya untuk lakukan kerjasama jadi penting ingat penyelamatan satwa-satwa di luar sana membutuhkan support aparatur kepolisian.

Gedung K9 Unit Satwa Terbaru Milik Polda Metro Jaya terbagi dalam 35 kandang satwa, ruang kebersihan untuk satwa, ruang Lab satwa, kolam renang dan 2 ruang staf.

Masing-masing kandang diperlengkapi ruangan yang pantas untuk tidur sampai sanitasi. Keadaan kandang dipantau 2 CCTV tiap kandang, dan kipas untuk perputaran.

Ide perubahan di Gedung K9 ditandai dengan membuat ekosistem kesejahteraan satwa, terhitung mendorong UMKM produk kebutuhan satwa seperti makanan, kandang, accessories, salep, untuk tingkatkan kemampuan mereka, mulai dari menolong perizinan, sampai marketing, oleh Subdit Indag,

Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Secara berkala subdit Indag Ditreskrimsus berkomunikasi dengan pelaku usaha lokal yang telah giat jualan lewat cara online atau off-line, untuk memberikan fasilitas Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Disamping itu, Subdit Indag Ditreskrimsus lakukan edukasi mengenai taktik supaya UMKM bisa makin sehat dan siap berkompetisi secara global sesuai tata ketentuan yang ada.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya