SUARA INDONESIA PURWOREJO

Modifikator Perwakilan MPM Honda Jawa timur, Sukses Raih 2nd Nasional

Agus Sulistya - 25 December 2022 | 12:12 - Dibaca 958 kali
Komunitas Modifikator Perwakilan MPM Honda Jawa timur, Sukses Raih 2nd Nasional
Suasana ajang Final Battle Honda Modif Contest (HMC) 2022 di Sleman City Hall, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (

JAKARTA - Tiga modifikator dari 3 wilayah berbeda hasilkan karya-karya menginspirasi dan dikukuhkan sebagai yang terbaik dalam "Final Battle" Honda Modif Contest (HMC) 2022 di Sleman City Hall, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (17/12/2022) beberapa waktu lalu.

Ke-3 nya memiliki predikat sebagai National Champion sesudah menyisihkan nyaris 900 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mereka para juaranya ialah Ruslan dari Makassar, Sulawesi Selatan, dianugerahkan modifikator terbaik pada kelas Matic dan Cub. Pada kelas yang lain, Gema Merdeka Goeyardi dari Jakarta yang memenangkan kategori Sport, dan Dewa Putu Putra Pratama dari Bali sebagai modifikator terbaik kelas Free For All (FFA).

Setiap juara memiliki hak memperoleh hadiah berbentuk uang pembinaan dan peluang jadi modifikator dalam Honda Dream Ride Project bersama mentor modifikator ulung.

Modifikator perwakilan MPM Honda Jawa timur, Anton Yulianto sukses raih 2nd National Winner kelas Free For All (FFA) HMC 2022.

"Alhamdulillah karya saya dengan tema modifikasi Chopper ini sukses raih juara kedua, terima kasih atas dukungan MPM Honda Jawa timur." kata Anton.

Diadakan secara off-line dengan prosedur kesehatan yang ketat, Final Battle HMC 2022 mencatat 108 peserta yang berkompetisi dalam 9 kelas. Bermacam karya modifikasi yang unik dan memiliki keunikan masing-masing membuat juri harus berpikiran extra dalam tentukan juara.

Aditya Maulana, salah satunya juri HMC 2022, menjelaskan, ke-3 nya pantas memiliki predikat sebagai yang terbaik karena beberapa alasan. Faktor utama, ke-3 motor itu mempunyai ide yang matang, hingga hasilkan karya modifikasi terbaik.

"Faktor yang tidak kalah pentingnya, walau telah diubah sebegitu rupa, tetapi beberapa modifikator itu sanggup menjaga DNA motor Honda, hingga keunikan motor Honda bisa kelihatan secara jelas. Faktor keamanan dan kenyamanan dipertahankan. Ini penting, karena bukan sekedar ditampilkan, tapi juga aman saat akan dikemudikan di jalan," tutur Aditya.

Sementara itu, General Manager Marketing dan Planning Analysis AHM Andy Wijaya menjelaskan, HMC sebagai ajang yang menampung ide pencinta modifikasi yang direalisasikan dalam beragam karya. Walau HMC masih diadakan dengan sesuaikan keadaan wabah sekarang ini, tetapi karya modifikasi dari tiap peserta makin beragam.

"Kami benar-benar menghargai karya modifikasi dari semua peserta yang menginspirasi. Lewat ajang HMC 2022, kami ingin terus bersama pencinta modifikasi di Indonesia dan tumbuhkan semangat kreativitas modifikator dalam negeri," tutur Andy.

Inovatif dan Layak Jalan

Tidak cuma inovatif, unik, dan estetis, motor modifikasi yang diperlihatkan pada HMC 2022 harus penuhi elemen keamanan dan fungsionalitas. Semua tanda itu sebagai patokan penilaian juri. Modifikasi harus aman, fungsional, dan relevan.

"Kami ingin HMC jadi acuan modifikasi, sekaligus sebagai ajang pembelajaran untuk beberapa modifikator di Tanah Air, jika motor modifikasi tidak cuma untuk pajangan kontes, tapi juga pantas jalan dan aman," tutur Hidayat Priyo Wibowo, salah satunya juri yang disebut professional builder Retro Classic Cycles, Yogyakarta.

HMC juga jadi moment tahunan AHM yang makin jadi referensi dan kiblat modifikasi oleh beberapa modifikator. Bermacamnya peserta dari berbagai wilayah dengan karya kreatif dan inovatif, menguatkan HMC sebagai ajang yang sering munculkan trend modifikasi sepeda motor.

Muhammad Agung Perdana (Yaya), salah satunya juri yang dari Queen Lekha Choppers. Yogyakarta, menjelaskan, penyelenggaraan HMC menyerap banyak peserta yang tampilkan karya modifikasi bermacam setiap tahunnya. Pada penyelenggaraan 2022, HMC banyak menyerap peserta dengan modifikasi motor matik.

"Nyaris tiap wilayah tampilkan modifikasi matik yang pantas dengan ciri-ciri dan stylenya masing-masing. Ada elemen budaya dan kekhasan wilayah pada karya mereka. Dapat disebut, salah satunya trend modifikasi 2022 ialah matik yang proper," tutur Yaya.

Hybrid

HMC 2022 diadakan secara hybrid (online dan offline), diawali dengan pengiriman karya modifikasi sepeda motor Honda pada periode 7-20 November 2022. Sepeda motor hasil modifikasi beberapa peserta yang bisa lolos scrutineering diperlihatkan lewat virtual pada 7-21 November 2022 pada microsite di www.astra-honda.com/hondamodifcontest.

Penjurian tahapan awal dilaksanakan di sejumlah daerah, yakni Sumatera Utara, Riau Daratan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Sekitar 878 peserta bersaing dari 12 daerah itu, lalu dipilih 108 peserta, diadu kembali ke Final Battle yang diadakan secara off-line di Yogyakarta.

HMC memperlombakan 9 kelas, yaitu All stock dan Advance untuk sepeda motor produksi di bawah tahun 2006, dan dibuka kategori Matic dan Cub Stock/Bolt On, Matic dan Cub Advance, Sport Naked, Sport Fairing, Sticker/ decals, Racing Style, Community Touring untuk kategori sepeda motor dengan produksi di atas tahun 2006. Terakhir, ada kelas Free for All (FFA) untuk semuanya kategori skutik, cub, dan sport Honda dari semua tahun produksi.

Karya modifikasi kelas komunitas pada Final Battle HMC 2022 dimeriahkan kehadiran beberapa bikers dari komunitas sepeda motor CB150X Adventure Indonesia yang menggali berbagi ide untuk direalisasikan pada sepeda motor kecintaannya.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya