SUARA INDONESIA PURWOREJO

Ini Langkah Menjaga V-belt Motor Skutik Supaya Masih tetap Tahan lama

Agus Sulistya - 29 December 2022 | 16:12 - Dibaca 992 kali
Komunitas Ini Langkah Menjaga V-belt Motor Skutik Supaya Masih tetap Tahan lama
Pelayanan service dari MPM Honda Jatim

SURABAYA - Salah satunya elemen pada sepeda motor tipe skuter matik yang perlu jadi perhatian ialah Continuous Variable Transmission (CVT). Apa lagi masuk musim penghujan seperti sekarang ini, perawatan motor perlu dilaksanakan secara berkala supaya perform motor selalu terlindungi baik seperti mestinya. Dengan lakukan perawatan CVT secara berkala, kegiatan sehari-harinya bersama skutik kecintaan tidak terhalang.

"Kemudahan operasionalisasi skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini lebih banyak disukai oleh warga. Dibalik keringanannya, kita perlu ketahui bagaimana perawatannya, satu diantaranya dengan mengenali performa van belt (V-belt). Elemen ini mempunyai peran yang fundamental pada skutik karena berperan menyambungkan mesin dan roda," kata M Bondan Priyoadi sebagai Technical Service Division Head MPM Honda Jawa timur.

V-belt sebagai elemen yang tidak bisa disaksikan langsung keadaannya oleh pengendara karena ada dalam CVT, tetapi peranannya penting dalam mendukung perform skutik kesayangan customer Honda. V-belt sebagai elemen yang penting untuk skutik sebagai pendorong roda. Kinerja mesin yang maksimal tidak terasa untuk pengendara jika v-belt ada pada keadaan yang tidak sempurna.

Pemakaian v-belt sebetulnya sudah mempunyai dasar usia maksimal penggunaan, tetapi pemakaian tiap pengendara berbeda. Berikut cara-cara supaya v-belt skutik masih tetap tahan lama :

1. Teratur Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dilihat berkala pada pemakaian 8.000 Km. Secara teori, umur gunakan elemen ini bisa sentuh 24.000 Km dan kemudian harus dilaksanakan pergantian. Tetapi hal itu tergantung pada style berkendara dari tiap pengendara. Keadaan ruangan CVT yang kotor juga dapat memendekkan usia dari v-belt.

2. Berhati-hati Dalam Memakai Aksesori

Walau aksesori bisa membuat penampilan skutik makin fashionable, tetapi elemen yang tidak standard bisa berefek menghancurkan elemen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, karena itu seharusnya lebih berhati-hati saat menentukan aksesori untuk sepeda motor anda. Hingga secara kualitas juga selalu terlindungi.

3. Pemakaian Skutik Secara Normal

Saat status skutik sedang langsam atau idle, seharusnya pengendara tidak mainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda pakai bertransmisi matik, hingga saat anda mainkan tuas gas karena itu v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Maka dari itu, pemakaian fitur Idling Stop System (ISS) benar-benar dianjurkan pada keadaan ini, karena selain ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dapat memperpanjang umur v-belt skutik anda.

"Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai buku petunjuk servis benar-benar kami anjurkan supaya keadaan v-belt masih tetap sempurna dan diatasi oleh mekanik yang tepat. Tetapi, saat musim hujan customer dapat lakukan service dan bersihkan CVT kurang dari waktu itu. Apa lagi saat motor habis melalui kubangan atau jalan yang banjir. Selekasnya kerjakan perawatan motor di bengkel AHASS paling dekat," tambah Bondan.

Customer Honda bisa lakukan perawatan motor Honda atau pembelian oli dan spare part Honda Genuine Part di AHASS dengan jaminan kualitas dan orisinalitasnya. Lokasi AHASS bisa dilihat di web www.mpmhondajatim.com.

Di gebyar akhir tahun ini, untuk customer booking servis akan memperoleh voucer potongan harga sebesar 20 ribu untuk jasa servis, pembelian part dan oli yang berada di program brompit.

Program Brompit memudahkan customer sepeda motor Honda dalam mengenal dan menjaga sepeda motor customer diawali dengan service reservasi servis tanpa berbaris, service Honda Care dan ada banyak lagi, semuanya dapat didapat secara mudah lewat program yang namanya Brompit dan telah ada di Google Plays dan App Toko.

Selain booking servis, MPM Honda Jawa timur dan jaringan bengkel AHASS ada juga service Pit Express yaitu berbentuk service khusus untuk pergantian ban, oli dan fast moving parts yang lain seperti busi, gear seat dan sebagainya cepat tanpa antre. Customer tak perlu menanti lama untuk mengganti ban motornya.

Berbagai service perawatan yang dikasih ke customer seperti service booking servis. Customer bisa lakukan booking servis lebih dulu lewat program Brompit. Dengan booking servis, customer akan dilayani dan tak perlu menunggu lama.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya