SUARA INDONESIA PURWOREJO

Yayasan AHM Latih Anak Muda Ikuti Safety Riding Honda

Agus Sulistya - 29 December 2022 | 16:12 - Dibaca 1.20k kali
Komunitas Yayasan AHM Latih Anak Muda Ikuti Safety Riding Honda
Peserta saat mengikuti safety ridding

BEKASI - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) ajak 45 duta safety riding dari 5 sekolah binaan satu tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ikuti Safety Riding Camp (SR Camp) untuk tingkatkan kompetensi dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara.

Perwakilan angkatan muda ini ikuti bermacam serangkaian acara dan puncak pelatihan diadakan di Astra Honda Motor Safety Riding dan Training Center (AHM SRTC), Cikarang - Jawa Barat (19-21/12/2022).

Pada ajang yang bertema "Journey to The Next Level", SR Camp berusaha hasilkan duta safety riding yang kompeten dan memiliki komitmen memberikan dukungan gerakan kampanye keselamatan melalui sudut pandang yang memprioritaskan berakhir lintas aman dan nyaman. Ini direalisasikan dengan taat pada peraturan, pemakaian safety gear yang komplet, dan pastikan untuk memakai sepeda motor pada keadaan sempurna.

Beberapa peserta SR Camp memperoleh bermacam pengetahuan yang bermanfaat dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara, seperti inspirasi photografi dan videografi, public speaking, dan pengetahuan fitur keselamatan yang tersematkan pada sepeda motor Honda. Disamping itu, pengetahuan ketrampilan berkendara anak-anak muda ini dikalibrasi secara praktek dan teori dengan tema ajar utama yaitu potensi bahaya saat berkendara sepeda motor di jalan raya. Semua materi ajar diberi sebagai cara untuk perkuat kekuatan beberapa duta Safety Riding dalam mendidik keselamatan berkendara di Safety Riding Lab Astra Honda.

Sepanjang gelaran SR Camp, beberapa peserta yang sebagai wakil 112 duta safety riding Astra Honda dilatih langsung oleh pelatih Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM). Pelatihan mencakup berbagai faktor ketrampilan dasar berkendara yaitu teknik pengereman, teknik menikung dan teknik keseimbangan dengan sepeda motor. Beberapa peserta diajari langkah lakukan penilaian keadaan jalan raya, lingkungan dan pengendara sesuai ketentuan jalan raya, rambu dan marka jalan. Mereka dilatih membuat analisis kekuatan bahaya lewat materi, dialog, tanya jawab dari gambar dan video, sampai simulasi memakai Honda Riding Trainer (HRT).

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengapresiasi, semangat beberapa duta safety riding untuk selalu memberikan dukungan aktifitas berkendara yang nyaman dan aman di lingkungan terdekatnya. Dengan pendekatan khas anak muda, Yayasan AHM berusaha terus ajak beberapa penerus bangsa ini untuk sampaikan pesan keselamatan berkendara yang menyenangkan, nyaman dan aman untuk semua pemakai jalan.

"Sasaran khusus kami pada SR Camp 2022 untuk latih beberapa peserta supaya masih tetap berpikiran kritis saat berkendara hingga bisa mengenali potensi bahaya di jalan raya. Hingga, mereka juga dapat mengajarkannya ke rekan, keluarga, dan warga dengan unik dan inovatif khas wilayah masing-masing dalam peran mereka sebagai duta safety riding," tutur Muhib.

Sepanjang 2022, beberapa duta safety riding sudah mendidik lebih dari 8.500 orang umur produktif dengan pendekatan berbeda setiap wilayah. Pendekatan secara kearifan lokal dilaksanakan dalam sampaikan pesan aman ke anak-anak umur sekolah sampai penggunaan istilah yang rekat dengan sehari-harinya warga. Kampanye ini dilaksanakan secara online atau offline untuk menggerakkan terbentuknya aktifitas berkendara nyaman dan aman sebagai pola hidup.

Safety Riding Lab

Untuk mempermudah pembelajaran keselamatan berkendara, Yayasan AHM bekerja bersama dengan jaringan Main Dealer sepeda motor Honda dan sekolah binaan membuat fasilitas yang memberikan dukungan edukasi ini yakni lewat Safety Riding Lab Astra Honda. Fasilitas ini sekarang sudah ada di 5 lokasi yakni SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi Jawa Barat, SMK Walisongo Menes Pandeglang Banten, SMK PABA Binjai Sumatera Utara, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, Jawa Timur dan sarana terbaru ada di SMAN Bali Mandara, Bali. Sarana sekolah ini terbuka untuk digunakan sebagai fasilitas training keselamatan berkendara dengan sarana oke seperti Zona Audio-Visual, Zone Simulasi dan Zone Praktek dengan bermacam materi ajar seperti pendidikan norma jalan raya, keterampilan berkendara sampai pendayagunaan sosial media.

Selainnya Safety Riding Lab Astra Honda, Yayasan AHM sudah membuat 2 sarana yang lain diperuntukkan untuk anak usia dini yaitu Zone Etika Lalu Lintas di Taman Pintar Yogyakarta dan Taman Lalu Lintas Anak di Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat. Kampanye secara masif ikut menggandeng berbagai pihak seperti pada kegiatan lomba kreatif bertema "Gen Z: Ride for Life" yang mengajak anak muda hasilkan video inovatif, poster, sampai jadi komika dalam memperkenalkan lebih dekat pengetahuan keselamatan berkendara.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya