SUARA INDONESIA PURWOREJO

Sungai Meluap Ratusan Rumah di Purworejo Terendam Banjir

- 10 February 2021 | 10:02 - Dibaca 1.51k kali
Peristiwa Daerah Sungai Meluap Ratusan Rumah di Purworejo Terendam Banjir
Tampak banjir menggenangi rumah warga

PURWOREJO - Hujan deras dengan intensitas tinggi dan lama di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang terjadi sejak Selasa (9/2/2021) sore hingga malam telah menyebabkan sungai meluap dan membanjiri pemukiman warga.

Tidak ada korban dalam banjir itu, namun sejumlah rumah warga tergenang hingga mencapai 1,5 meter.

"Dari data assesment yang dilakukan oleh BPBD Purworejo, hujan sore hingga semalam telah menyebabkan sungaiLesung meluap, dan membanjiri perkampungan di Desa Brengkol Kecamatan Pituruh. Banjir juga menyebabkan beberapa pohon kelapa tumbang menutup jalan poros desa," ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo Imam Ciptadi, Rabu (10/2/2021).

Disebutkan ada ratusan Kepala Keluarga yang terkena dampak banjir itu, mereka ada di  Dusun Sigenuk, RT01 RW 03, Dusun Kliwonan RT 02 RW 03, Dusun Keputihan dan Dusun Kedungringin. 

"Lokasi terdampak banjir terparah adalah di di Dusun Keputihan dan Kedungringin dikarenakan lokasi du dukuh tersebut dekat dengan sungai, hingga mencapai ketinggian air kurang lebih dua meter," katanya.

Meskipun air telah berangsur surut, warga kedua Dukuh itu yaitu Dukuh Keputihan dan Kedungringin yang terdampak banjir sementara masih mengungsi ke tetangga sekitar yang lokasinya lebih tinggi, lantaran di takutkan adanya banjir susulan. 

"Pemerintah desa medirikan dapur umum di Balai desa Brengkol, untuk kebutuhan konsumsi pengungsi," ujarnya.

Tak hanya di Desa Brengkol, luapan air juga membanjiri pemukiman di Desa Wingko Sanggrahan Kecamatan Ngombol, terdapat sekitar 250 Kepala Keluarga juga terdampak banjir akibat luapan sungai.

"Pagi ini kondisi masih hujan deras, sementara petugas masih melakukan pendataan di lokasi banjir tersebut," pungkasnya. (Widarto)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya