SUARA INDONESIA PURWOREJO

Perubahan Alat Kelengkapan Dewan, PDIP Isi Ketua Komisi I DPRD Purworejo

Agus Sulistya - 30 March 2022 | 14:03 - Dibaca 1.78k kali
Peristiwa Daerah Perubahan Alat Kelengkapan Dewan, PDIP Isi Ketua Komisi I DPRD Purworejo
Suasana rapat paripurna perubahan alat kelengkapan dewan di DPRD Kabupaten Purworejo (foto: agus/suaraindonesia.co.id)

PURWOREJO - Rapat paripurna perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kabupaten Purworejo periode 2022-2024 digelar di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (30/03/2022).

Rotasi keanggotaan AKD  tersebut berdasarkan usulan dari masing-masing fraksi di DPRD Kabupaten Purworejo.

Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi saat ditemui usai rapat menyampaikan, kegiatan hari ini penyampaian raperda inisiatif menjadi raperda inisiatif DPRD melalui mekanisme rapat paripurna.

"Dalam paripurna ini sesuai dengan tatib DPRD no.1 tahun 2019 peraturan DPRD, bahwa pimpinan alat kelengkapan itu masa jabatanya 2,5 tahun maka setiap fraksi berhak melakukan pergeseran anggota-anggota fraksinya," ucap Dion.

Lebih lanjut, Dion mengatakan, pada komisi I ada pergesaran ketua yang sebelumnya dijabat oleh Tursiyati dari Fraksi Nasdem sekarang dijabat oleh Luhur Tri Endro Sadewo dari Fraksi PDIP.

"Untuk Wakil Ketua pada komisi I tetap dijabat oleh Budi Sunaryo dari Fraksi PKB dan Sekertaris dijabat oleh Muharomah dari Fraksi Gerindra," kata Dion.

Sedangkan untuk komisi II tidak ada pergeseran yaitu Ketua dijabar Tunaryo, Wakil Ketua Rohman dan Sekertaris Yuda Ari Gunawan.

"Kalau pada komisi III ada perubahan yaitu ketua dijabat Eko Yanuar, Wakil Ketua Ajeng Dewi dan Sekertaris Subeno. Kalau untuk komisi IV ada perubahan yang semula dijabat oleh Rujianto diganti oleh Reko Budiono," beber Dion.

Dijelaskanya, untuk Badan Pembentukan Perda ada pergeseran karena penugasan dari fraksi yakni Prabowo yang semula wakil ketua digantikan oleh Jaka Hartana.

"Sedangkan untuk Badan Kehormatan (BK) tetap yaitu lima orang Ketua Hendrikus Karel, Wakil Ketua Heru Kusuma dan anggota Rujianto, Muhammad Abdullah dan Eko Susilo," jelasnya.

Dion menambahkan, untuk pergeseran anggota komisi ada dari fraksi PDIP yakni Luhur Pambudi yang semula di komisi I diganti oleh Luhur Endro Sadewo.

"Jadi Endro Sadewo geser di komisi I sebagai ketua sedang Luhur Pambudi geser di komisi III sebagai anggota," pungkas Dion.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya